Home Artikel / Makalah Artikel Diagnosis Anak Autis Lewat Tes Urine

Diagnosis Anak Autis Lewat Tes Urine

Email Cetak PDF

Tes ini dapat mendeteksi anak autis hanya dengan menggunakan beberapa tetes urine.

Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVAnews - Saat ini, cara mendeteksi anak autis makin beragam dan lebih praktis. Salah satunya, saat ini peneliti di Inggris dan Australia sedang mengembangkan sebuah cara untuk mendeteksi autisme pada anak-anak hanya dengan mengetes urine mereka.

Uji autisme ini diteliti dapat menentukan apakah seorang anak memiliki kondisi autis hanya menggunakan beberapa tetes air seni, layaknya melakukan tes kehamilan, seperti dikutip dari laman Aol.com


Jeremy Nicholson dari Imperial College London dan sebuah tim ilmuwan Australia telah menguji metode deteksi autisme baru ini, yang kini masih dalam tahap awal pengembangan.

Jika proyek ini terbukti sukses, para orangtua yang curiga adanya tanda-tanda autisme pada anak mereka tak perlu mengeluarkan anggaran cukup besar untuk mendiagnosis penyakit ini. Hal ini pun bisa membantu orangtua memberikan terapi autis jauh lebih awal pada anak.

"Terapi bisa bermanfaat dan lebih optimal pada anak-anak autisme jika dilakukan sedini mungkin,” kata Nicholson, menurut laporan dalam 'Journal of Proteome Research'.

Menurut Nicholson, tes ini didasarkan pada studi sebelumnya yang menemukan, orang yang menderita autisme memiliki bakteri berbeda dalam perut mereka daripada mereka yang tidak. Akibatnya, urine mereka memiliki 'sidik jari' kimia yang berbeda dibandingkan dengan anak tanpa gejala autisme.

"Metabolisme dan bakteri usus memang bisa mencerminkan berbagai hal, termasuk gaya hidup dan gen. Kami berharap temuan ini akan menjadi langkah pertama untuk menciptakan tes urine sederhana lanjutan," kata Nicholson.

Para peneliti berencana menggunakan uji klinis ini pada ratusan anak-anak. Jika terbukti efektif, tes urine autisme dapat tersedia pada 2015, menurut Daily Mail. (adi)

• VIVAnews

 

Pemutakhiran Terakhir ( Kamis, 15 Juli 2010 10:21 )  




Peduli Autisme

YM Status

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini73
mod_vvisit_counterKemarin632
mod_vvisit_counterMinggu ini73
mod_vvisit_counterMinggu Lalu4788
mod_vvisit_counterBulan ini15192
mod_vvisit_counterBulan lalu23231
mod_vvisit_counterSemuanya1195169

Yang Online: 21
IP Anda: 54.91.120.148
,
Tgl: 21-09-2014 03:00

Pelangi Anakku

Yayasan Cinta Harapan Indonesia


Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler